Diskusi Publik

Media Online Aggregator Indonesia

September 27, 2022

liputanhits.com/ – Kondisi Kharkiv yang blackout setelah diserang Rusia memuncaki daftar artikel Populer Global hari ini.

Di bawahnya ada Sultan Brunei menjadi raja terlama yang masih hidup usai Ratu Elizabeth II wafat , dan demonstran Inggris pegang poster “hapus monarki” saat deklarasi Raja Charles III .

Sementara itu, Indonesia-Malaysia akan terhubung jembatan sepanjang 120 kilometer dan ada benda-benda yang berubah di Inggris setelah Ratu Elizabeth II meninggal .

Rangkuman artikel Populer Global sepanjang Senin (12/9/2022) hingga Selasa (13/9/2022) pagi dapat Anda baca selengkapnya di bawah ini.

1. Diserang Rusia, Kharkiv Blackout dan Pasokan Air Mati

Pemadaman listrik alias blackout dan pemutusan pasokan air terjadi di beberapa daerah di Kharkiv, wilayah Ukraina timur laut.

Gubernur Kharkiv Olegh Synehubov mengatakan, hal itu terjadi ketika serangan Rusia menghantam sejumlah situs infrastruktur penting.

“Penjajah (Rusia) telah menyerang infrastruktur penting di kota dan wilayah Kharkiv,” tulis Synehubov di Telegram, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Baca .

2. Sultan Brunei Jadi Raja Terlama yang Masih Hidup Usai Ratu Elizabeth II Wafat

Ratu Elizabeth II wafat pada Kamis (8/9/2022) mengakhiri 70 tahun takhtanya dan membuat Sultan Brunei menjadi raja terlama yang masih hidup sekarang.

Di bawah Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei juga ada raja dan ratu lain yang sudah berkuasa selama puluhan tahun.

Dikutip dari kantor berita AFP pada Jumat (9/9/2022), berikut adalah daftar raja dan ratu dengan masa kekuasaan terlama yang masih hidup.

Baca .

3. Demonstran Pegang Poster “Hapuskan Monarki” Saat Deklarasi Raja Charles, Langsung Ditangkap Polisi

Seorang wanita yang memegang poster anti-monarki pada deklarasi resmi aksesi Raja Charles III ke takhta di Edinburgh, Skotlandia pada Minggu (11/9/2022) ditangkap polisi.

Wanita berusia 22 tahun itu dilaporkan memegang poster bertuliskan “F**k Imperialism! Abolish Monarchy“.

Dia diborgol dalam “sehubungan dengan pelanggaran perdamaian,” kata juru bicara Polisi Skotlandia kepada New York Post sebagaimana dilansir pada Minggu (11/9/2022).

Baca .

4. Indonesia dan Malaysia Akan Terhubung Jembatan 120 Km dari Sumatera

Indonesia dan Malaysia akan dihubungkan dengan jembatan atau terowongan sepanjang 120 kilometer, yang dikembangkan dengan kerja sama sektor swasta.

Media Pemerintah Malaysia Bernama pada Kamis (8/9/2022) melaporkan, jembatan tersebut akan menghubungkan Telok Gong di Masjid Tanah, Melaka, Malaysia, dengan Dumai di Sumatera.

Ketua Panitia Penanaman Modal, Industri, Pengembangan Wirausaha, dan Koperasi Melaka Ab Rauf Yusoh mengatakan, pembangunan yang diusulkan ini akan berupa terowongan atau jembatan dan bakal memakan waktu penyelesaian 20 tahun.

Baca .

5. Ratu Elizabeth II Wafat, Ini Benda-benda yang Akan Berubah di Inggris

Selama 70 tahun bertakhta, Ratu Elizabeth II telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari rakyat Inggris. Di Inggris, Anda melihat potret sang Ratu di mana-mana–uang kertas, prangko, panji kerajaan, bahkan kotak sereal.

Lantas, setelah Ratu wafat, apa yang akan terjadi?

Ada 29 miliar koin yang beredar di Inggris dan semuanya memiliki potret Ratu Elizabeth II.

Baca .

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://diskusipublik.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://diskusipublik.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”